Pengrajin wayang di Solo mengalami kesulitan memenuhi permintaan pelanggan. Kurangnya tenaga kerja, yang memiliki keahlian khusus seni sungging. Dengan kata lain tidak ada generasi penerus pengrajin wayang. Pengrajin “Sanggar Wayang Wawan” di Jalan Parang Klitik I No 19 Sondakan Kecamatan Laweyan Solo Jawa Tengah mengaku produksinya tidak mampu memenuhi pesanan pelanggan karena kurangnya tenaga kerja.

Seorang pengrajin Sanggar Wayang Wawan, Hernot Sarwani (55) warga RT 03/RW 05 Sondakan Laweyan Solo, Senin (28/9) , mengatakan dampak kurangnya tenaga kerja yang mempunyai keahlian sungging hasilnya belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Dengan dibantu tiga orang tenaga kerja, dirinya belum mampu memenuhi pesanan yang rata-rata mencapai 10 hingga 15 biji berbagai tokoh pewayangan per bulan.

Dijelaskan kerajinan wayang kulit tersebut sangat rumit dan perlu ketelitian mulai dari menatah bahan baku kulit dari hewan kerbau yang memerlukan waktu hingga lima hari dan kemudian memberikan warna tidak selesai empat hari. “Kami dengan dibantu tiga tenaga kerja paling rata-rata mampu memproduksi delapan hingga 10 wayang per bulan. Hal ini, juga masih tergantung kemauan tenaga kerja apakah bisa menyelesaikan tepat waktu,” kata Hernot yang mengaku menekuni kerajinan wayang kulit ini sejak 1990 hingga sekarang.

Menyinggung rumitnya membuat kerajinan wayang kulit, Hernot mengatakan harga kerajinan wayang kulit hingga sekarang harganya mahal karena selain bahan baku, juga cara memproduksi perlu keahlian khusus sehingga di Solo sangat langka pengrajin ini. “Harga wayang kulit mahal karena cat warna kuning emas ada yang menggunakan emas asli sehingga ditawarkan hingga Rp5 juta per wayang, sedangkan paling murah Rp800 ribu per wayang,” katanya seperti diunduh laman Antaranews, Senin (28/09/2015).

Menyinggung soal pelanggan wayang kulit selama ini, Hernot menjelaskan datang dari para dalang dan kolektor dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, pelanggan wisatawan dari luar negeri juga ada untuk cendera mata seperti Australia dan Amerika Serikat. Namun, pihaknya tidak semua pesanan bisa dipenuhi karena sulitnya mencari tenaga kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *